Kamis, 12 Mei 2011

Orca Memiliki Strategi Berburu Yang Unik

Para peneliti dari St Andrews University telah menemukan fakta bahwa mereka berburu dalam keheningan sebagai upaya menghindari terdengar oleh mangsanya.Paus pembunuh menggunakan 'siulannya' untuk berbicara satu sama lain dan sebagai cara menemukan jalan di sekitar mereka. Gema ini juga bertujuan membantu binatang untuk memetakan lingkungan mereka, dan untuk menentukan lokasi pencarian makan berikutnya.
Tapi sementara satu jenis ikan paus pembunuh memakan ikan, berburu mamalia laut lainnya, termasuk anjing laut dan porpoise, namun kawanan ikan salmon tidak dapat mendengar seekor ikan paus pembunuh mendekat. Berbeda dengan mamalia yang bisa mendengar, karena memiliki pendengaran sensitif di bawah air.
Peneliti menggunakan mikrofon bawah air untuk mendengarkan ikan paus pembunuh saat berburu anjing laut di lepas pantai Alaska. Mereka menemukan fakta bahwa binatang ini benar-benar diam saat berburu.
Namun entah bagaimana, mereka mengorganisir diri menjadi suatu kelompok. Meskipun jarak antarpaus satu dan lainnya sampai satu mil jauhnya, tetapi pada saat mendengar suara keras, maka antarpaus satu dan lainnya saling berdatangan untuk berbagi hasil tangkapan mereka.
Para ilmuwan kini berharap dapat menempelkan pelacak satelit pada paus pembunuh untuk mengetahui lebih banyak tentang perilaku mereka yang lebih banyak diam

Tidak ada komentar:

Posting Komentar